_____Pas untuk Anda_____


Tips Mengecat Rumah Sendiri

Mengecat Rumah
Jakarta (BeritaProperti) - Saat Anda berfikir untuk mengganti suasana ruangan Anda, selain merubah tata letak ruangan. Mengganti warna ruangan atau rumah adalah langkah termudah kedua untuk mengganti suasana tersebut.

Kadang kita malas untuk sedikit meluangkan waktu, untuk berfikir dan mengerjakannya sendiri. Karena menganggap pekerjaan ini adalah pekerjaan yang sulit.

Sebenarnya, jika hanya mengecat ruangan, Anda dapat mengerjakannya sendiri. Sementara, keuntungannya, selain dapat mengecat sesuai selera, tentu saja menghemat biaya tukang.

Untuk itu, berikut langkah-langkahnya, antara lain :

Tahap Awal Persiapan

Rencanakan dan Putuskan
Warna apa yang akan dipakai, apakah hanya mengulan warna sebelumnya, hingga kelihatan lebih kinclong, atau mengganti warna secara keseluruhan.

Setelah memutuskan warnanya, Anda dapat mencari lewat internet, merek cat apa yang sesuai dengan kualitas dan kantong Anda.

Persiapkan Peralatan dan Material
Persiapkan semua peralatan dan material sebelum mulai dikerjakan, sehingga saat pengecatan dikerjakan, And tidak lagi direpotkan oleh hal-hal yang kurang, dan akan membuang-buang waktu.

Selain membeli cat yang sudah diputuskan, baik warna maupun merek cat.

Saatnya mempersiapkan peralatan atau material yang dibutuhkan untuk mengecat, seperti kuas, bak cat dan roller, kaleng air, masking tape, lakban, koran, tangga/steger, amplas, dan dempul.

Tahap Awal Pengerjaan

Tutup bagian atau Barang di sekitar
Tutupi bagian ruang yang tidak akan dicat, lantai (bisa dengan koran atau karpet bekas), juga barang-barang atau lemari besar yang susah untuk dipindahkan, dapat Anda tutup dengan koran, agar tidak terkena cipratan cat.

Karena Anda ingin mengecat ruangan, maka bagian yang tidak akan dicat bersamaan dengan pengecatan dinding, antara lain bingkai jendela, bingkai pintu, gagang pintu, tepi plafon, dan sebagainya. Tutup menggunakan kertas koran, yang anda dapat tempelkan dengan masking tape, atau lakban.

Setelah selesai mengecat, segeralah cabut masking tape atau lakban penutup sebelum cat mengering, hal ini untuk menghindari cat ikut tercabut.

Bersihkan dinding
Sebelum mulai mengecat, bersihkan dinding dari debu terlebih dahulu.
Hal ini dimaksudkan, agar Anda tahu persis, apakah ada permukaan dinding yang rusak, hingga Anda perlu men-dempul-nya terlebih dahulu.

Anda dapat membersihkan dinding menggunakan sapu, atau kemoceng, atau bahkan vacuum cleaner.

Kiranya terdapat noda pada dinding, Anda dapat membersihkannya bersihkan dengan menggunakan spons, dan air dengan campuran deterjen. Tunggu hingga dinding mengering.

Mendempul Dinding yang rusak
Anda harust mendempul dinging yang tidak rata, atau retakan pada dinding terlebih dahulu. Setelah dempul mengering, Anda harus meng-amplasnya hingga halus dan rata dengan dinding lainnya.

Setelah semua dinding halus, maka oleskan primer cat sebelum pengecatan, untuk memperoleh hasil akhir rata dan mengkilap.

Lapisi permukaan tembok yang akan dicat, dengan water base atau solvent yang berkualitas, sehingga akan membuat cat lebih rata, halus, dan tidak mudah terkelupas.

Aduk Cat Sebelum Digunakan
Karena cat dari toko material, biasanya sudah mengendap, maka Anda harus mengaduk cat terlebih dahulu hingga rata, sebelum digunkan, agar tidak menggumpal, dan menghasilkan warna yang optimal. 

Tambahkan air pada cat sebanyak 10 persen, dari jumlah cat yang digunakan.

Anda dapat juga menggunakan wall sealer untuk menyesuaikan ph semen dengan ph cat, hal ini akan membuat warnanya lebih tahan lama.

Teknik Dasarr Mengecat

Memberi Warna Dasar
Jika Anda wana dasar awal adalah putih, dan Anda ingin mengubah warnanya, maka Anda dapat mengamplas dinding terlebih dahulu untuk membuang warna sebelumnya.

Menggunakan Kuas Kecil
Kwas kecil berguna untuk menjangkau area yang sempit, seperti sudut ruang, karena roller cat hanya untuk mengecat pada permukaan dinding yang besar.

Menggunakan Teknik Mengecat ZigZag
Mengecat dengan cara zig-zag dari atas ke bawah, membuat Anda dapat melihat mana yang belum rata dalam pengecataan tersebut. Sehingga Anda dapat mengulangi, untuk meratakan pengecatan tersebut.
Labels: Tips

Thanks for reading Tips Mengecat Rumah Sendiri. Please share...!

Back To Top